Dosen Ubaya berpartisipasi dalam Workshop Proposal Riset Dosen

Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas riset dosen Ubaya, LPPM mengadakan Workshop Proposal Riset Dosen (WPRD) Ubaya selama 5 hari, yaitu tanggal 1-5 Pebruari 2016.

Kegiatan workshop dibagi menjadi 3 gelombang, yaitu gelombang ke-1  tanggal 1 Pebruari 2016 adalah Workshop Skim Kompetitif Nasional, hibah Dikti. Gelombang ke-2 tanggal 2-3 Pebruari 2016 adalah Workshop Pembuatan Proposal Riset Hibah Dikti bidang Ilmu Sosial dan Gelombang ke-3 tanggal 4-5 Pebruari 2016 adalah Workshop Pembuatan Proposal Riset Hibah Dikti bidang Ilmu Eksakta.

Pada gelombang pertama, tanggal 1 Pebruari 2016, acara dibuka oleh Ketua LPPM Ubaya yang dihadiri sekitar 70 orang dari 7 fakultas. Narasumber yang diundang adalah salah satu reviewer penelitian Dikti dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yaitu Prof.Dr.Ir. Mauridhi Hery Purnomo M.Eng. beserta tim. Materi yang disampaikan adalah seputar informasi hibah penelitian Dikti yaitu skim kompetitif nasional yang terdiri dari 13 skim penelitian. Selain itu juga disampaikan kode etik penelitian, cara penilaian skim penelitian dan contoh penelitian yang didanai Dikti.

Pada gelombang kedua, tanggal 2-3 Pebruari 2016 adalah Workshop Penulisan Proposal Penelitian Hibah Dikti skim penelitian Desentralisasi khususnya di bidang Ilmu Sosial. Peserta yang hadir kurang lebih sekitar 80 orang dari berbagai fakultas di bidang ilmu sosial seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika dan Politeknik. Narasumber yang diundang adalah salah satu reviewer penelitian Dikti dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yaitu Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Pada tanggal 2 Pebruari 2016 adalah sesi penyampaian materi-materi. Berbagai materi disampaikan dengan baik dan jelas. Beliau menyampaikan strategi penyusunan proposal penelitian dengan baik dan rambu-rambu yang harus diperhatikan agar proposal yang diajukan dapat didanai. Selain itu juga ada telaah proposal dan contoh judul yang pernah didanai Dikti.

Pada tanggal 3 Pebruari 2016 adalah sesi presentasi draft proposal yang dibuat oleh para dosen-dosen dari bidang ilmu sosial. Dengan didampingi oleh Prof. Dr. Sarmini, M.Hum., draft proposal ataupun berupa slide yang berisi kerangka proposal satu persatu diulas dan diberi masukan.

Pada gelombang ketiga, tanggal 4-5 Pebruari 2016 adalah Workshop Penulisan Proposal Penelitian Hibah Dikti skim penelitian Desentralisasi khususnya di bidang Ilmu Eksakta. Peserta yang hadir kurang lebih sekitar 50 orang dari berbagai fakultas di bidang ilmu eksakta, seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi dan Fakultas Industri Kreatif.

Pada tanggal 4 Pebruari 2016 kembali narasumber yang diundang adalah Prof.Dr.Ir. Mauridhi Hery Purnomo M.Eng. beserta tim. Acara dibuka dengan sesi penyampaian materi-materi. Beliau menyampaikan skim Desentralisasi dan target luaran-luaran yang dihasilkan seperti publikasi ilmiah di jurnal internasional. Selain itu juga diberikan informasi mengenai hibah-hibah selain Dikti yang dapat dicoba oleh dosen-dosen. Beliau juga memberikan masukan dan telaah contoh proposal yang akan diajukan ke Dikti.

Pada tanggal 5 Pebruari 2016 adalah sesi terakhir dari rangkaian acara Workshop Proposal Riset Dosen (WPRD) Ubaya yaitu sesi presentasi draft proposal yang dibuat oleh para dosen-dosen dari bidang ilmu eksakta. Dengan didampingi oleh Prof.Dr.Ir. Mauridhi Hery Purnomo M.Eng. beserta tim, draft proposal ataupun berupa slide yang berisi kerangka proposal satu persatu diulas dan diberi masukan.

Besar harapan dari LPPM Ubaya agar dosen-dosen dapat berpartisipasi secara aktif melalui pengajuan proposal penelitian hibah Dikti dengan mengikuti rambu-rambu yangs sudah ditetapkan dalam buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat edisi IX tahun 2013  untuk didanai pada tahun anggaran 2017.