PIK-M Ubaya Gelar Talkshow “Young, Sex, and Healthy”

image post

Berawal dari keprihatinan akan kejahatan seksual terhadap remaja, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa Universitas Surabaya (PIK-M Ubaya) gelar talkshow seksual tanggal 8 April 2016 bertema The TalkshowYoung, Sex, and Healthydi Gedung Perpustakaan Lantai 5. PIK-M Ubaya bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Jawa Timur, Kelompok Minat Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat (KMM PPM) Fakultas Teknik Ubaya, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Medical Rescue Ubaya. "Acara ini bertujuan memberikan informasi kesehatan reproduksi agar generasi penerus dapat hidup bersih dan sehat," sambut Dea Gitta Angwen selaku ketua acara.

Gedung Perpustakaan Lantai 5 dipenuhi peserta sekitar 200 orang yang didominasi oleh kalangan mahasiswa. Dr. Drs. A. J. Tjahjoanggoro, M.Si. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya dan Arief Budhyantoro S.Si., M.Si. selaku Pembina PIK-M juga turut menghadiri talkshow. Peserta tidak hanya berasal dari mahasiswa Ubaya saja, beberapa mahasiswa asal Universitas Airlangga, Universitas Hangtuah, STIE Mahardika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya turut berpartisipasi menghadiri talkshow.

dr. Susanto Suryaatmadja, MS, Sp.And., dan Nurlita Endah Karunia, S.Psi., M.si., Psikolog, sebagai narasumber, menjelaskan kasus free sex dan penyebabnya pada anak muda. "Sebaiknya hindari tempat sepi dan remang-remang cahaya. Seks itu bahaya bagi wanita jika telah menstruasi," tegas dr. Susanto Suryaatmadja dengan lantang. Remaja maupun anak muda secara kognitif mulai berpikir logis dan rasional, lantas mengapa mereka justru terjerat free sex? Nurlita Endah yang juga menjabat sebagai dosen psikologi Ubaya, unjuk bicara mengenai pola perilaku remaja. "Remaja atau individu muda memiliki emosi yang naik turun. Kebanyakan dari mereka terpengaruh oleh ucapan teman. Masa pencarian jati diri dan rasa ingin tahu mereka sangatlah besar," tutur Nurlita. Selama sesi penyampaian materi berlangsung, peserta terlihat serius dan mendengarkan penjelasan para narasumber dengan seksama. Sesekali, dr. Susanto memberikan lelucon seputar seksual untuk mencairkan suasana talkshow. Bahasa yang digunakan para narasumber pun sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh kalangan anak muda.

Ketika tiba sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias dalam bertanya. Tak hanya itu saja, beberapa peserta juga memanfaatkan sesi ini untuk ajang curhat, baik kisah pribadi maupun hanya sekedar memuaskan rasa ingin tahu. Salah satu mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memberikan tanggapan setelah mengikuti talkshow. "Acaranya sangat bermanfaat, materi yang diberikan menambah wawasan saya seputar perkembangan kesehatan seksual remaja," ungkap Eky Oktavia Anggraini mahasiswi Psikologi 2014.  

Acara ditutup oleh Pembina PIK-M Ubaya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. "Semoga apa yang hari ini anda dapatkan dari narasumber, bisa bermanfaat dan membekali anda kedepannya," ujar Arief Budhyantoro S.Si., M.Si.