LPPM Ubaya menyelenggarakan Pekan Workshop LPPM

image post

Di awal tahun 2017, LPPM menyelenggarakan kegiatan workshop yg komprehensif, mulai dari pembuatan proposal riset dan pengabdian kepada masyarakat hingga luaran-luaran yang dihasilkan seperti buku ajar, paten dan artikel di jurnal, khususnya jurnal internasional. Tentunya selain itu dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas riset maupun pengabdian kepada masyarakat Ubaya. LPPM mengadakan kegiatan "Pekan Workshop LPPM" selama 3 minggu, yaitu tanggal 16-17, 23-25, dan 30-31 Januari 2017. Peserta yang hadir tidak hanya dari Ubaya saja, tetapi LPPM mengundang seluruh dosen yang tergabung di Paguyuban LPPM PTS se-Surabaya dan sekitarnya.

Kegiatan workshop diawali dengan Workshop Riset, yaitu workshop yang membahas terkait riset yang didanai Kemenristekdikti maupun riset yang didanai oleh pihak ketiga lainnya. Acara dimulai pada tanggal 16 Januari 2017 dan dibuka oleh Ketua LPPM Ubaya, sekaligus membuka kegiatan "Pekan Workshop LPPM". Workshop Riset pada hari pertama membahas panduan riset yang didanai Kemenristekdiskti secara umum, teknik penulisan proposal hingga rambu-rambu yang harus dipatuhi dalam melaksanakan riset. Narasumber yang diundang adalah Prof. Dr. Sarmini, M.Hum dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pada tanggal 17 Januari 2017 adalah Workshop Riset Lanjutan, yaitu workshop yang membahas riset yang didanai Kemenristekdikti khususnya Kompetitif Nasional. Narasumber yang diundang adalah dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yaitu Prof.Dr.Ir. Mauridhi Hery Purnomo M.Eng. Materi yang disampaikan adalah seputar informasi hibah riset Dikti yaitu skim kompetitif nasional, kode etik penelitian, cara penilaian skim penelitian dan contoh riset yang didanai Dikti.

Pada minggu kedua, tanggal 23 Januari 2017 adalah Workshop Pengabdian kepada Masyarakat yang membahas hibah yang didanai Kemenristekdikti, program kerja dari Dinasi Koperasi dan UKM Pemerintah Provinsi Jatim hingga program dari perwakilan UMKM Jawa Timur. Narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Dinasi Koperasi dan UKM Pemerintah Provinsi Jatim atau yang mewakili, Bapak M. Sahuri, S.H., M.Ph. (Asosiasi UMKM Jatim), Bapak Adi Sutanto, S.E., MM. dan Bapak Arief Budhyantoro, M.Si.

Pada tanggal 24 Januari 2017 adalah Workshop Penulisan Buku Ajar dan Buku Teks. Narasumbernya adalah Prof. Dr. Wahyu Wibowo dari Universitas Nasional, Jakarta.

Pada tanggal 25 Januari 2017 adalah Workshop Pemanfaatan Hasil Penelitian yang Berpotensi Paten. Narasumber yang dihadirkan adalah Bapak Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Pada minggu ketiga, tanggal 30 Januari 2017 adalah Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional khususnya di bidang Ilmu Sosial Humaniora. Narasumber yang hadir adalah Bapak Devanto Shasta Pratomo, S.E., M.Si., M.A., Ph.D. dari Universitas Brawijaya, Malang.

Pada tanggal 31 Januari 2017 adalah sesi terakhir dari rangkaian acara Pekan Workshop LPPM Ubaya yaitu Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional khususnya di bidang Ilmu Sains Teknologi. Narasumber yang hadir adalah Bapak Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Besar harapan dari LPPM Ubaya agar dosen-dosen yang telah berpartisipasi dapat mengajukan proposal riset maupun pengabdian kepada masyarakat hibah Dikti dengan mengikuti rambu-rambu yang sudah ditetapkan dalam buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat edisi X tahun 2016 untuk didanai pada tahun anggaran 2018, serta menghasilkan luaran-luaran yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.