Workshop Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat

image post

Bagaimana caranya mengilmiahkan artikel pengabdian kepada masyarakat?

Begitu yang dibenak para peserta Workshop Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat dan masih banyak persoalan lain seperti mengajukan akreditasi jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu LPPM Ubaya berinisiatif mengundang anggota Paguyuban LPPM se-Surabaya dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan tersebut pada tanggal 6-7 Oktober 2017. Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Surabaya dan sekitarnya namun juga turut hadir dari luar pulau Jawa, seperti dari Bali dan Sumatra.

Tanggal 6 Oktober 2017 merupakan kegiatan workshop bagi para pengelola jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat, sedangkan tanggal 7 Oktober 2017 ditujukan bagi para penulis jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat.

Bertempat di Ruang Pertemuan, TB 1.1. Fakultas Teknik Ubaya, LPPM Ubaya mengundang 3 orang Narasumber, yaitu

  1. Dr. Sadjuga, M.Sc. (Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti)
  2. Dr. Lukman, S.T., M.Hum. (PDII-LIPI)
  3. Prof. Dr. Teti Estiasih, STP., MP. (Universitas Brawijaya, Malang)

Dr. Sadjuga, M.Sc. memaparkan mutu hasil riset atau pun pengabdian kepada masyarakat berupa luaran-luaran, diantaranya adalah Kekayaan Intelektual, seperti Paten, Hak Cipta dan lain-lain. Sedangkan Dr. Lukman, S.T., M.Hum. memaparkan rambu-rambu akreditasi jurnal nasional. Beliau menegaskan bahwa tidak ada jurnal khusus penelitian maupun jurnal pengabdian kepada masyarakat, melainkan hanya jurnal ilmiah. Singkat kata, pada jurnal yang berisi kegiatan pengabdian, tidak diperkenankan menggunakan penamaan Jurnal Pengabdian, sedangkan penamaan jurnal hendaknya menggambarkan nama aktivitas dari pengabdian.

Narasumber dari Universitas Brawijaya, Malang, Prof. Dr. Teti Estiasih, STP., MP. memaparkan tentang betapa pentingnya diseminasi dalam bentuk artikel ilmiah dari hasil program pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga diulas mengenai sistematika atau format jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat.

Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, M.Sc. dari Universitas Pendidikan Ganesha turut urun rembug mengenai jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat yang dikelola. Dari hasil program pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti dapat dituangkan ke berbagai ruang lingkup, yaitu Ipteks, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pada tanggal 7 Oktober 2017 bertempat yang sama, Prof. Dr. Teti Estiasih, STP., MP. kembali hadir namun mengulas tentang cara penulisan artikel ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Semoga ke depan semua pelaksana program pengabdian kepada masyarakat dapat menuangkan sebuah artikel ilmiah yang lebih baik di jurnal ilmiah yang bertemakan pengabdian kepada masyarakat.