Bekerja dalam suatu organisasi sama halnya dengan menjalani kehidupan sehari-hari. Ada kalanya kita bekerja keras mengerjakan pekerjaan rutin, adakalanya kita mengevaluasi perkerjaan yang sudah dilakukan, dan adakalanya kita merencanakan kegiatan yang harus kita lakukan untuk masa yang akan datang. Kita tidak boleh tenggelam dan hanya bekerja keras pada kegiatan rutinitas saja tanpa memikirkan evaluasi dan strategi yang yang lebih baik yang dapat dipilih untuk dilakukan pada masa yang akan datang.
Salah satu momen pada kegiatan berorganisasi yang dapat digunakan untuk evaluasi dan penetapan strategi tersebut adalah kegiatan rapat kerja. Rapat kerja dapat dilakukan pada awal, di pertengahan, dan atau di akhir periode tahun kegiatan. LPPM Ubaya memilih melaksanakan rapat kerja pada pertengahan periode tahun kegiatan 2019-2020 pada tanggal 12 – 13 Maret 2020 bertempat di Integrated Outdoor Campus (IOC) Ubaya di Trawas Mojokerto.
Rapat kerja LPPM yang dibuka Prof. Suyanto, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D. sebagai Ketua LPPM Ubaya diikuti oleh semua pimpinan dan staff LPPM Ubaya. Raker LPPM membahas hal-hal berikut:
- Evaluasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan LPPM yang sudah dilakukan.
- Tinjauan SPP LPPM Ubaya.
- Persiapan SPMI LPPM Ubaya.
- Tinjauan load kerja staf LPPM Ubaya
- Perencanaan teknis kegiatan-kegiatan LPPP yang akan dilakukan.
- Strategi kegiatan LPPM pada SPP yang akan datang.
Pembahasan terhadap hal-hal yang disebutkan di atas sebenarnya secara parsial dilakukan di Ubaya oleh pimpinan dan staf LPPM Ubaya tanpa harus melakukan rapat kerja di IOC Trawas. Tapi jika dilihat lebih seksama hal-hal yang disebutkan di atas seharusnya dibahas secara komprehensif dan satu kesatuan. Pembahasan yang menyeluruh dan tuntas akan menghasilkan perencanaan dan strategi kegiatan yang lebih baik pada masa yang akan datang. Sehingga diperlukan waktu yang lebih fokus dan lebih lama dari satu hari kerja bagi pimpinan dan staf LPPM Ubaya untuk membahas hal itu semua.
Suasana yang mendukung secara konstruktif akan mendukung agar perencanaan dan strategi yang akan diutarakan berjalan dengan lancar. Sehingga para pimpinan dan staf melakukan reker dengan santai dan relax, seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 2 di atas. Mudah-mudahan raker membuat pekerjaan dan kegiatan di LPPM Ubaya menjadi lebih lancar dan baik pada masa yang akan datang. (HI)