Tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi yang mendapatkan pendanaan dari Kemenristek – BRIN untuk melaksanakan kegiatan di Desa Kedungudi secara simbolis menyerahkan ke stakeholder dua buku.

Tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi dari UBAYA yang beranggotakan Hazrul Iswadi, M.E. Lanny Kusuma Widjaja, Endang Ernawati, dan Frikson C. Sinambela menulis dua buku pengabdian yang masing-masing berjudul Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengelola Desa Wisata di Masa Pandemi – Studi Kasus Desa Kedungudi dan Evolusi Pos Pendakian Desa Kedungudi – Tahap I: Kelahiran dan Penguatan.

Buku pertama membahas tentang inisiatif yang dilakukan oleh Desa Kedungudi selama masa pandemi. Sebelum pandemi, Desa Kedungudi dicanangkan sebagai desa wisata oleh pemerintah desa setempat. Selama masa pandemi, inisiasi desa wisata tersebut mengalami kesulitan untuk keberlangsungannya. Pada buku tersebut dibahas upada inisiatif usaha sablon yang dikembangkan di Desa Kedungudi untuk mengurangi dampak pandemi.

Buku kedua membahas tentang perubahan (evolusi) yang terjadi pada Pos Pendakian Jalur Kedungudi dari saat awal berdiri sampai dengan penguatan yang terjadi pada pos pendakian tersebut. Pos pendakian ini adalah hasil penyerahan dari pos perijinan PT Perhutani yang berada di perbatasan dengan Desa Kedungudi. Penyerahan pos perijinan dari PT Perhutani ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Rejo Desa Kedungudi yang kemudian dikelola oleh Tim Basecamp Kedungudi dianggap sebagai awal kelahiran Pos Pendakian Kedungudi. Pos Pendakian Kedungudi adalah pos awal jalur pendakian ke puncak Gunung Penanggungan melalui Desa Kedungudi atau disingkat dengan Jalur Kedungudi.

Kedua buku tesebut diterbitkan oleh Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (PPI) LPPM UBAYA. Tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi yang mendapatkan pendanaan dari Kemenristek – BRIN untuk melaksanakan kegiatan di Desa Kedungudi secara simbolis menyerahkan ke stakeholder dua buku di atas. Masing-masing satu kopi dari buku di atas diserahkan ke Desa kedungudi melalui Kades Kedungudi H. Dul Mukti. Pada saat penyerahan yang dilakukan pada hari Senin (01/02/2021), Kades Kedungudi H. Dul Mukti diwakili oleh perangkat Desa kedungudi. Juga diberikan kopian buku-buku di atas ke LMDH Ngudi Rejo.

Kedua buku di atas diharapkan menjadi bahan dokumentasi, refleksi, dan inspirasi bagi segenap pemangku kepentingan Desa Kedungudi tentang insiatif dan inovasi yang dapat dilakukan di Desa Kedungudi. Sebagaimana kita ketahui, masa pandemi yang sekarang sedang dialami semua penduduk dunia membutuhkan upaya-upaya ekstra untuk meminimalkan dampaknya, termasuk dampak pada aspek ekonomi.