Penyerahan bantuan mesin perajang multifungsi ke Ketua Bank Sampah SEGUNUNG HARTO Desa Kedungudi.

Ketua Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) sekaligus sebagai Sekretaris LPPM Ubaya Dr Hazrul Iswadi menyerahkan bantuan mesin perajang multifungsi ke Ketua Bank Sampah SEGUNUNG HARTO Desa Kedungudi ibu Siti Nuzulul I. disaksikan oleh Kades  Kedungudi H. Dul Mukti.  Hal itu ditandai dengan penandatangan berita acara penyerahan alat pada hari Sabtu tanggal 24 April 2021 di Desa Kedungudi.

Sebagai bagian dari program dari tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi pada tahun ketiga 2021, mesin perajang multifungsi di atas dapat mendukung kegiatan Bank Sampah SEGUNUNG HARTO yang semua pengurusnya adalah ibu-ibu PKK Desa Kedungudi. Mesin tersebut dapat digunakan untuk membuat produk makanan ternak, pupuk kompos, dan media tanam cocopeat.

Mesin Perajang Multifungsi tersebut berfungsi mencacah dan merajang benda-benda yang dimasukkan seperti limbah pertanian, perkebunan, dan sampah rumah tangga menjadi hancur.

Jenis benda yang dimasukkan beragam, bisa daun, rumput, sabut kelapa, daun kelapa, bongkol jagung, bahkan ranting pohon.

Dampak pengadaan mesin tersebut diharapkan terjadinya peningkatan pendapatan masyarakat Desa Kedungudi karena mampu menghasilkan produk pertanian, perkebunan, dan peternakan yang dapat dijual. Selain itu, dampak lain adalah terbentuknya pola hidup sehat melalui kegiatan Bank Sampah.

Ketua Tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi menyatakan bahwa bantuan mesin ini adalah sinergi banyak pihak yaitu Ubaya, Kemenristek-BRIN, PT Astra Internasional, dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Juga tidak lupa dukungan dari anggota tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi M.E. Lanny Kusuma Widjaja, S.E., M.M., CBC., Dra.ec. Endang Ernawati, M.Si., CSA., dan Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., M.T. atas beragam support yang diberikan agar mesin tersebut dapat sampai ke Desa Kedungudi.


Gambar 2. Sambutan dari Ketua Tim PPMUPT Desa Wisata Desa Kedungudi

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ubaya dan Tim PPMUPT Desa Wisata Kedungudi atas bantuan mesin perajang ini, yang InsyaAlaah sangat berguna bagi Bank Sampah untuk berkarya untuk membuat produk yang dapat dijual” sambutan Kades Kedungudi H. Dul Mukti pada waktu penyerahan alat. (Hz)