PT Astra International Tbk bekerja sama dengan Universitas Surabaya (Ubaya) salurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19.

29 August 2021 Berita Abdimas
PT Astra International Tbk bekerja sama dengan Universitas Surabaya (Ubaya) salurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19

PT Astra International Tbk bekerja sama dengan Universitas Surabaya (Ubaya) salurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19. Kegiatan pembagian sembako merupakan bentuk kepedulian PT Astra dan Ubaya kepada masyarakat terdampak Covid 19. Kali ini PT Astra membagikan 240 paket kepada warga terdampak covid 19  di wilayah Kabupaten Mojokerto. Pembagian sembako ini merupakan bagian program Nurani Astra Untuk Negeri dengan membagikan 76.000 paket sembako kepada warga berbagai wilayah di  Indonesia.

Bentuk dukungan nyata Astra dan Ubaya dalam mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia tumbuh yang digagas oleh pemerintah. Selain itu, dengan semangat melaju bersama, mengajak masyarakat untuk saling bantu dalam masa pandemi covid -19 melalui social movement, ujar Veny Megawati, koordinator fasilitator Desa Sejahtra Astra (DSA) dari Universitas Surabaya.

Veny Megawati, yang juga merupakan dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika  Universitas Surabaya menambahkan bahwa sasaran prioritas penerima bantuan adalah keluarga isoman, masyarakat kurang mampu dan penggerak desa sejahtera astra (DSA). Di wilayah Kabupaten Mojokerto bantuan sembako diberikan kepada warga Desa Ketapanrame, Desa Selotapak dan Desa Kedungudi Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Tiga desa tersebut merupakan desa binaan Ubaya, yang tergabung dalam program Desa Sejahtera Astra (DSA).

Dalam penyaluran bantuan sembako, Astra bekerja sama dengan Ubaya perguruan tinggi mitra dalam menjalankan program Desa Sejahtera Astra. Pada pelaksanaan penyaluran bantuan didukung oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Surabaya, pemerintah desa dan gugus tugas covid desa Ketapanrame, desa Selotapak, Desa Kedungudi dan kecamatan Trawas kabupaten Mojokerto.

Warga sangat antusias menerima bantuan sembako dalam satu paket berisi beras sebanyak 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 2 kg, sarden 2 kaleng, susu 2 kaleng, mie instan, dan roti. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian PT Astra dan Ubaya, bantuan ini sangat membantu warga kami yang terdampak akibat pandemi covid -19,    ujar Zainul Arifin, Kepala Desa Ketapanrame.

Kegiatan penyaluran bantuan sembako dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 di kantor Desa Ketapanrame, Selotapak dan Desa Kedungudi  pukul 08.00 – 14.00 WIB.  Dalam pendistribusian bantuan sembako ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, menjaga jarak dan menggunakan masker. Penyerahan bantuan dilakukan di area terbuka, pendopo kantor balai desa.  Kami atur jam penyaluran sembako sehingga tidak ada penumpukan warga, ujar Utomo,  Manajer Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Surabaya (Ubaya).

Pada kesempatan ini,  kami mewakili Ubaya dan tiga desa binaan  menyampaikan terima kasih kepada Astra. Tidak hanya saat ini Astra mendukung kegiatan pengabdian, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Ubaya, tetapi sudah berlangsung sejak tahun 2019. Astra bekerja sama dengan Ubaya  melakukan pendampingan pengembangan produk unggulan kawasan dan desa wisata di wilayah Kabupaten  Mojokerto. Semoga dengan semangat melaju dan tumbuh bersama, semangat saling membantu negara kita semakin tangguh, dan  tumbuh. Menumbuhkan rasa optimisme masyarakat dan semangat saling membantu dalam situasi yang sulit akibat pandemi Covid-19, ujar Utomo menutup pembicaraan .(*)

Editor : Freddy Mutiara


Berita terkait: https://kempalan.com/2021/08/30/astra-dan-ubaya-salurkan-bantuan-sembako-kepada-masyarakat-terdampak-covid-19/