8 June 2022 Berita Abdimas
Kegiatan tim pengabdian dosen Ubaya di Kalidami mendapat dukungan pendanaan pada tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Surabaya: Universitas Surabaya (Ubaya) membantu pengembangan produk ecoprint yang ada di Kampung Kalidami, Surabaya, melalui tim pengabdian dosen. Tim yang diterjunkan Ubaya di Kalidami terdiri dari Tuani Lidiawati Simangunsong, S.T., M.T.,  Wyna Herdiana, S.T., M.Ds., dan Prita Ayu Kusumawardhany, S.E., M.M., SCM. Tim ini mendapatkan dukungan pendanaan pada tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan tim pengabdian dosen Ubaya di Kalidami akan berlangsung dari Juni hingga Desember 2022.

Produk berupa kain ecoprint di Kalidami merupakan salah satu kegiatan keterampilan dari ibu-ibu PKK. Produk tersebut perlu memerlukan peningkatan kualitas dari bermacam aspek seperti kualitas motif, bahan, dan pengelolaan, serta pemasaran. Motif yang masih sederhana, masih belum adanya aplikasi kain ecoprint pada beragam produk fashion, pengolahan limbah cair dari pewarna alami yang belum dilakukan dengan baik, dan pemasaran serta promosi dari produk ecoprint yang belum masif.

Tim pengabdian Ubaya akan memberi solusi-solusi untuk mengatasi persoalan yang terkait dengan produk kain ecoprint tersebut. Solusinya antara lain produk kain ecoprint Kalidami akan diaplikasikan pada produk life style seperti tas, sepatu, hijab, pasmina, dan lain-lain. Tim juga akan membantu pembuatan Instalasi Pengolah Limbah Cair (IPLC) untuk menangani limbah cair di Kalidami. Sedangkan untuk masalah pemasaran dan promosi, tim akan mencarikan solusi dengan melakukan branding, merek, dan promosi di media sosial.


Gambar 1. Contoh kain ecoprint hasil keterampilan ibu-ibu PKK Kalidami


Gambar 2. Contoh kain ecoprint Kalidami diaplikasikan untuk membuat tas

Mitra tim pengabdian dosen Ubaya di Kalidami mengutarakan rasa syukur atas perhatian yang diberikan Ubaya. “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan pendampingan dari Ubaya. Kami berharap ke depannya bisa membuat produk yang lebih baik lagi dan minimal bisa memutar roda perekonomian warga,“ ujar Ibu Vyta sebagai salah satu anggota ibu-ibu PKK Kalidami yang didampingi oleh tim pengabdian dosen Ubaya.

Sedangkan dari tim pengabdian dosen Ubaya yang diwakili oleh Ketua tim Tuani Lidiawati Simangunsong, S.T., M.T. mengharapkan kerjasama dan komitmen dari ibu-ibu PKK di Kalidami untuk terlibat aktif dalam menyukseskan kegiatan pengabdian terkait produk kain ecoprint. “Di masa mendatang, produk ecoprint yang dihasilkan bisa berkembang dan diaplikasikan pada produk lain, sehingga harga jualnya bisa tinggi,“ harapan dari Tuani.

Kesuksesan kegiatan pengabdian akan meningkatkan brand dan image dari kain ecoprint, sehingga semakin laku dan dikenal di masyarakat luas. Hal itu tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga Kalidami. (*)

Kontak: 
Hazrul Iswadi - 082139008804