Wakil Rektor I Ubaya Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto memberikan sambutan dalam acara penyamaan persepsi

5 March 2020 Berita Penelitian
Acara penyamaan persepsi reviewer internal tersebut dilangsungkan di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya pada hari Rabu, tanggal 4 Maret 2020.

Penelitian dosen kadangkala terbantu oleh aktifitas mahasiswa antara lain skripsi atau tugas akhir. Beberapa dosen terkadang memecah penelitian yang dilakukannya menjadi beberapa penelitian-penelitian kecil yang kemudian di-sub-kan untuk menjadi kegiatan dan aktifitas mahasiswa. Tapi banyak juga skripsi mahasiswa adalah murni ide dan kegiatan penilitian mahasiswa. Banyak skripsi mahasiswa yang secara substansi sangat bagus tapi tidak berakhir dengan publikasi sehingga bermanfaat bagi khalayak ramai.

Dengan latar belakang itulah, Ubaya mengadakan program publikasi ilmiah dari skripsi. Program ini membantu agar dosen atau bekas mahasiswa (karena mahasiswa yang terlibat dalam skripsi pasti telah lulus ketika program ini dijalankan) mendapatkan pendampingan dalam mempublikasikan artikel ilmiah yang substansinya berasal dari skripsi mahasiswa. Kegiatan pendampingan tersebut dikoordinir oleh Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (PPI) Ubaya.

Salah satu tahap pendampingan yang dilakukan adalah skripsi mahasiswa yang ingin diteruskan menjadi publikasi ilmiah dinilai oleh reviewer internal apakah layak untuk diteruskan untuk dipublikasikan. Penilaian oleh reviewer internal tersebut perlu disamakan persepsinya sehingga tujuan pendampingan dan dorongan untuk publikasi sebanyak-banyaknya hasil karya civitas akademika Ubaya menjadi tercapai.

Acara penyamaan persepsi reviewer internal tersebut dilangsungkan di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya pada hari Rabu, tanggal 4 Maret 2020. Acara tersebut dibuka dan diberi sambutan oleh Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto sebagai Wakil Rektor I Ubaya.

Pemaparan materi untuk acara tersebut diberikan oleh Prof. Suyanto, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D. sebagai Ketua LPPM Ubaya. Pada pemaparan tersebut diutarakan kepada para dosen tentang peran dan tugas sebagai reviewer internal untuk Program Publikasi Ilmiah dari Skripsi tersebut. Acara juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para reviewer internal tersebut.

Pada acara tersebut para reviewer setuju dengan maksud dan tujuan program di atas dan akan mendukung dengan melakukan tugas review dengan baik. (HI)