Penerbitan dan Publikasi IlmiahVisi dan Misi

Deskripsi

Bahwa untuk memenuhi tuntutan perkembangan dan kompleksitas pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora dibutuhkan unit yang dapat menunjang dan memfasilitasi publikasi karya tridharma sivitas akademika, dalam bentuk jurnal maupun buku. Sehubungan dengan itu, pada 1 Agustus 2018 dibentuk “DIREKTORAT PENERBITAN DAN PUBLIKASI ILMIAH” Universitas Surabaya.


Direktorat PPI ini diharapkan menjadi unit yang mendukung kinerja sivitas akademika Ubaya dalam menghasilkan dan meningkatkan luaran publikasi, baik dalam taraf nasional maupun internasional. Bentuk dukungan tersebut berupa aktivitas seperti pelatihan penulisan artikel ilmiah, pelaporan komunikasi ilmiah, pemberian insentif artikel ilmiah yang terbit di jurnal nasional maupun internasional, pemublikasian jurnal tugas akhir mahasiswa, pendampingan manajemen jurnal, dan lain-lain.


Tugas – Tugas pokok Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Surabaya :

  • Mengoordinasi para dosen untuk menerbitkan karyanya dalam bentuk buku (referensi maupun ajar).

  • Mengelola administrasi penerbitan, editing, pencetakan, hingga proses distribusi buku yang dicetak.

  • Memfasilitasi dosen untuk menghasilkan karya ilmiah bertaraf nasional ataupun internasional melalui berbagai kegiatan pelatihan/pendampingan penulisan karya ilmiah bekerja sama dengan narasumber yang kompeten.

  • Memfasilitasi pemublikasian artikel jurnal tugas akhir mahasiswa melalui pengelolaan jurnal khusus tugas akhir mahasiswa.

  • Memonitor, menganalisis, dan melaporkan perkembangan karya ilmiah dosen/mahasiswa secara rutin kepada pimpinan Universitas.

  • Membantu pengelolaan/manajemen penerbitan jumal/berkala ilmiah yang diterbitkan unit kerja di lingkungan Universitas Surabaya agar menjadi jurnal yang terakreditasi dan terindeks internasional.

  • Memproses administrasi akreditasi jumal/berkala ilmiah yang diterbitkan di lingkungan Universitas Surabaya.

  • Memproses percetakan jumal/berkala ilmiah dan pendistribusiannya.

  • Mengelola jaringan pemasaran, baik di dalam maupun di luar Ubaya, untuk pendistribusian buku maupun jumal yang diterbitkan Direktorat Penerbitan dan Publikasi llmiah Ubaya.

  • Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak ekstemal dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas artikel ilmiah, buku, dan jumal yang dikelola Direktorat Penerbitan dan Publikasi llmiah Ubaya.

VISI

Meningkatan visibilitas karya ilmiah sivitas akademika melalui media komunikasi ilmiah (scholarly communication) yang mampu meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyejahterakan umat manusia


MISI

Menjadi lembaga yang unggul dalam mensinergikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan bangsa.

Mengembangkan dan menguatkan kelembagaan LPPM UBAYA.

Meningkatkan kualitas dan keterlibatan dosen UBAYA dalam pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mendorong dan memfasilitasi program-program penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika UBAYA, yang bermanfaat bagi masyarakat.

Memiliki keunggulan dan mampu bersaing baik di kancah nasional maupun internasional.

Memfasilitasi pelaksanaan program-program pemberdayaan masyarakat oleh sivitas akademika UBAYA, yang berbasis kawasan dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan mental, spiritual dan material masyarakat sasaran melalui penerapan IPTEKS dan hasil-hasil penelitian di UBAYA.

Memfasilitasi terbentuknya kerjasama dalam pelaksanaan penelitian yang unggul dan program pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran oleh sivitas akademika UBAYA, melalui kegiatan lintas bidang ilmu, lintas lembaga dan komunitas masyarakat.

Kontak Kami

Universitas Surabaya

Gedung Perpustakaan Universitas Surabaya Lt.4
Jl. Raya Kalirungkut (Tenggilis) Surabaya 60293
Telp. : +62 31-2981344
Laman:http://ppi.ubaya.ac.id/